Monday 4 March 2013

VISCERAL ABDOMEN AT FIRST SIGHT

VISCERAL ABDOMEN AT FIRST SIGHT
-ISS, dokter ter-ter di UNSRI :*
It’s not just love can has its first sight, viscera abdomen has a right, too. –anonymous-

OKESIP. Tomorrow is Tuesday, mean a great journey will come –baca : praktikum keluar kota ditambah ujian.

Viscera Abdomen adalah semua organ yang berada di cavum abdomen. Jadi kalau dimisalkan sama orang yang pacaran, kaya kata Vina Panduwinata di dada pasangan kan ada senyummy, ada cintamu, ada hasratmu, ada kumismu, ada kupingmu, di dalam dadaku ada kamu. Ups, sorry keterusan. Viscera Abdomen ini berisi banyak organ yang berfungsi di dalam pencernaan yaitu, gaster, hepar, instestinum, limpa, pancreas, dan sebagian traktus urinarius serta reproduksi.
Tractus Gastrointestinalis secara berurutan :
1.       Cavum Oris
2.       Faring
3.       Oesophagus
4.       Gaster
5.       Intestinum Tenue, terdiri dari ileum, jejunum, duodenum.
6.       Intestinum Crassum, terdiri dari appendiks
Sedangkan organ acessorius digestivus itu hepar dan vessica felea, pancreas, dan lien.
Karena hari esok yang indah mempesona akan menguji bahan praktikum, yuk mari belajar dari modul praktikum.

Kepala, leher, dan pharynx
1.       M. Masseter
M. Masseter adalah otot yang termasuk dalam otot pengunyah atau mastikasi. Berorigo pada Arcus Zygomatikus, sama seperti hatiku yang hanya menempel padamu. Oke mulai ga fokus. Sedangkan insersio M. Masseter terletak di facies lateralis ramus mandibulae (FLRM, entah ini kaya inisial yang biasa dibuat orang untuk indikasi singkatan nama pacar, atau mungkin, kucing peliharaan) (Snell, hlm. 723).
Fungsi : mengangkat mandibular untuk mengatupkan gigi.

2.       M. Temporales
M. Temporalis berorigo pada lantai fossa temporalis dan berinsersio pada proccesus coronoidues mandibulae (Snell, hlm.723.) -PCM, lagi-lagi ini mirip singkatan nama gebetan, bukan gebetan saya kok, sumpah. Sama seperti M. Masseter, M. Temporales merupakan otot mastikasi.
Fungsi : serabut anterior dan superior mengangkat mandibula; serabut posterior menarik mandibular.

INTINYA, kedua otot ini berada dibagian kepala dan buat kita bisa megap-megap mirip ikan koi dan juga memampukan kita gerakin rahang bawah.

Sekarang pindah dari luar, mari pindah lapak ke cavum oris, beserta oropharynx sama laryngopharynx. Tapi tenang akang, hatiku ga pernah pindah kok dari kamu. Oke sorry-sorry, fokus.

Cavum Oris adalah rongga mulut, bisa dilihat dari namanya. Berfungsi untuk masukkin makanan. Selesai.
Ini jawaban saya sebelum kelas Viscera Abdomen .___________. setelah kelas, ternyata dia hadir mengubah segalanya, menjadi lebih indah, kau bawa cintaku setinggi angkasa… (Lebih Indah-Adera, lagunya keren, ga bisa ketahan, sorry-sorry.)

OKEE, Cavum Oris. Cavum Oris.
Cavum Oris merupakan jalan masuk untuk sistem pencernaan dan pernapasan, miriplah sama jawaban saya tadi *pede. Fungsi untuk mengunyah makanan. Enzim-enzim pencernaan hanya berfungsi pada partikel luar makanan.

Dinding Cavum Oris dilihat dari hatiku dan hatimu, sorry, sumpah, fokuslah, dari Inferior atau diafragma cavum oris) terdapat m. mylohyoideus. Superiornya ada Hard and Soft Pallate. Lateral, pipi. DAAAN ANTERIORR BIBIR, kenapa capslock? Ya gapapa, Cuma mau minta perhatian kamu kok.

Bagian-bagian Cavum Oris terdiri dari vestibulum oris dan cavitas oris propria.
Vestibulum oris itu terletak di antara gigi, pipi, dan bibir. Dimana hayo? :s VO merupakan bagian terluar yang membentuk saluran gastrointestinal. Vestibulum oris dan Cavitas oris propia dihubungkan oleh jembatan manis Ancol, bukan-bukan, sorry, dihubungkan oleh narrow fissure (oral fissure) yang ini bener, suwer. Di cavitas oris propia terdapat frenulum labialis, ituloh garis yang muncul kalo kita berusaha menggulung lidah ke arah belakang, bebas mau percaya atau ga, boleh dicoba (?).

Oropharynx merupakan bagian yang langsung terhubung dengan akhir mulut. Coba aja ngaca sambil nganga selebar mungkin, nah, dipaling belakang itu, terlihat oropharynx. Beda sama laryngopharynx. Yang satu ini merupakan hubungan antara pharynx dan larynx yang terletak di bagian bawah atau lanjutan dari oropharynx, sama kaya kalau orang pacaran terus lanjutnya tunangan, folks.

Oke, selesai sudah 3 bagian. Lanjut lagi bagian lain, masih kuat kan, cadok 2017? Pasti masih. Kan, kita, agent of change. Demi pasien masa depan, ini harus selesai dibaca. Nanti saya kasih kado diakhir deh. Syarat dan ketentuan berlaku ya.

Oesophagus, dari SD, saya selalu kebalik. Ini kerongkongan atau tenggorokan deh? Please lah, udah sampai kuliah, masih aja bingung. Jadi sekarang saya akan mendeklarasikan bahwa pada tanggal 4 Maret 2013 pukul 18.45, OESOPHAGUS ADALAH KERONGKONGAN, segala hal yang berkaitan dengan…oke ini bukan deklarasi kemerdekaan.

Lingua atau yang lebih dikenal lidah tunggu berarti, kemampuan lingual itu kemampuan lidah (?), otot-otot ekstrinsik lidah antara lain :
1.       M. Styloglossus
M. Styloglossus berorigo processus styloideus. Insersio M. Styloglossus, serabut-serabut berjalan ke bawah dan depan menuju ke permukaan lateral m. constrictor pharyngis superior. Sesampainya di celah antara m. constrictor pharynges inferior dan medius, m. styloglossus berjalan ke depan untuk masuk ke sisi lidah. Persarafan n. hypoglossus. Otot ini berfungsi menarik lidah ke atas dan belakang, satu paragraph penuh keseriusan, kemajuan fantastis.

2.       M. Hyoglossus
M. Hyoglossus berorigo dengan pinggir atas corpus dan cornu majus ossis hyoidei. Berinsersio dengan bentuk segiempat, sapuntangan bapuncuk ampat played, dan berjalan ke arah profunda terhadap m. myohyoideus. Serabut otot ini berakhir ketika sudah bergabung dengan serabut otot lidah lainnya, seperti cinta kita berakhir ketika kamu bersama dia.

3.       M. Genioglossus
M. Genioglossus berbentuk seperti kipas dan melebar pada waktu meluas ke arah belakang dengan origo di spina mentalis superior, di belakang symphisis mandibularis. Insersio serabut otot superior berjalan ke ujung lidah, sedangkan serabut medial berjalan ke arah dorsum linguae, dan beberapa serabut inferior berjalan ke corpus ossis hyoidei.
                YEHEEEEEEY. Otot Ekstrinsik lidah udah, pindah ke bagian agak luar, folks. Ke bagian OTOT DASAR RONGGA MULUT. Cuma 3 otot kok cadok, tetep semangat, head up! *mulaimengasingkandirikepojokankamar.
1.       M. Digastricus venter anterior
Origo dan insersio venter anterior berjalan ke depan dan medial serta melekat pada pinggir bawah corpus mandibulae, dekat bidang mediana. M. Digastricus ini berfungsi untuk menarik mandibula ke bawah atau mengangkat os hyoideum.

2.       M. mylohyoideus
Origo : linea myohyoideus corpus mandibulae, Insersio : Corpus hyoideus dan raphe fibrosa. Fungsi : elevasio dasar mulut dan os hyodieum atau depresio mandilbula.
Tingkat basa basi dan kegaringan turun menjadi -0,0001.

3.       M. geniohyoideus
Origo : Spina mentalis inferior mandibullae, Insersio : corpus hyoideus, Fungsi : elevasi os hyoideum atau depresi mandibular. Fungsi : elevasi os hyoideum atau depresio mandibula.

Demi apapun, ada di sini yang bisa ngetik nama 3 otot diatas tanpa salah? Saya kecup satu-satu deh.

PINDAH LAPAAAK, TURUNKAN HARGA MINYAK DAN BBM (?)!! ehem, maaf, teringat masa lalu di ibukota Negara, Identifikasi kelenjar ludah sekarang :3
1.       Glandula submandibularis
Glandula ini berjumlah 2 dan berpasangan. Glandula ini juga merupakan glandula besar dalam rongga mulut yang merupakan campuran serosa dan mukosa. Terletak di bawah rahang.

2.       Glandula sublingualis
Glandula sublingualis terletak di bawah lidah. Glandula ini merupakan glandula terkecil dari ketiga glandula di rongga mulut.

3.       Glandula parotis
Glandula parotis terletak di pipi dan merupakan glandula salivary terbesar. Ukur coba kalau ga percaya, kalau tidur dengan mulut menganga, saliva lebih banyak keluar dari mana hayo? Pipi kan, makanya jangan nganga ya, kamu.

YEAAAH, kita sudah berhasil melewati 8 gunung dan 9 samudera, percaya aja udah, di dunia ini ada 9 samudera.
Kita pindah ke bagian menegangkan, ABDOMEN INSITU *evillaugh. Bagian paling menyenangkan ada di sini loh, sumpah. Saya ga nangis kok ngetikin ini, ngga, *ambiltisu.
Organ yang berada di dalam cavum abdomen :
Gaster, Jejunum, Ileum, Caecum, Appedix Vermiformis, Colon Ascendens, Colon Trancendens, Colon Descendens, Rectum, Hepar, Vessica Felea.
Inilah jajaran eksekutif di tubuh kita yang bisa banget membuat kamu gendut, saya ga ngatain siapa-siapa kok, bukan kamu yang gendut, cuma saya bilang makan banyak kamu bikin gendut. Serius.

Gaster
Gaster terletak apda bagian atas perut di bawah tepi costa kiri, berbentuk J, ini ceritanya mau jayusin huruf J, tapi tangan tak kuasa lagi, sungguh.
Gaster memiliki dua lubang orificum cardiac dan pyloricum. Dua lengkungan yaitu curvatura major dan minor. Dua permukaan, anterior dan posterior. Serta jatuh hati pada dua cinta, saya setia kok orangnya, jadi, nomor hape kamu berapa?, oke sorry. Fokus.
Gaster memiliki omentum (ligamentum) yang terdiri dari 2, majus dan minus. Omentum Majus membentang dari bagian curvature major ke colon transversum. Sedangkan Omentum Minus menghubungkan curvature minus dan bagian proksimal duodenum dengan hepar.

Identifikasi bagian-bagian gaster :
1.       Curvatura major
Terletak di tepi kiri gaster dan lebih panjang dibandingkan curvature minor. Dihubungkan dengan colon transversum oleh omentum majus, dan disambungkan ke lien oleh omentum gastrolienale.

2.       Curvatora minor
Curvatura minor dihubungkan oleh omentum minor ke hepar. Ia membentuk tepi kanan gaster.

3.       M. spnincter pylori
Otot ini merupakan otot tebal yang terletak pada bagian lambung pylorus (bagian tubulus gaster). Otot ini mengontrol pelepasan makanan ke dalam duodenum.

4.       Fundus gastrica
Fundus merupakan area gaster yang berbentuk kubah, menonjol ke atas kiri orificium cardiacum. Biasanya berisi udara.

5.       Corpus gastrica
Corpus ini dimulai dari orificium cardiacum sampai setinggi incisura angularis.

6.       Antrum pyloricum
Sambungan lagi folks, dari incisura angularis ke pylorus.

7.       Lig. Gastrolienalis
Lig. Gastrolienalis menghubungkan antara curvature major dengan lien.

OKE SIP. Udah afal? Belom? Sama kok. Tenang, di dunia ini, suatu saat akan muncul keajaiban. #nowplaying : Mujizat itu Nyata.

Duodenum
Duodenum berbentuk seperti huruf C. seperti pada lagu C-I-N-T-A, bertahan satu ciiinnntaaa, oke sorry. Panjangnya 25 cm. Duodenum ini menghubungkan gaster dan jejunum, fungsinya sama kaya mak comblang. Bedanya Duodenum menerima ductus choledocus dan pancreaticus, mak comblang nerima makasih kalo berhasil, sumpah jerapah kalo gagal, sabar ya, blang.
Identifikasi bagian-bagian duodenum :
1.       Pars superior
Bagian pertama dari duodenum sepanjang 5 cm terletak pada planum transpyloricum (setinggi L1) L1 itu lumbales vertabra 1 ya, bukan langit ke 1, please.

2.       Pars descendens
Sepanjang 8 cm, turun vertical pada hilus renalis dekster di sisi kanan L2 dan 3. Di pertengahan tepi medial, terdapat muara dari ductus choledocus dan pancreaticus. Kedua ductus bersatu menjadi power ranger membentuk ampulla yang mempunyai lubang bernama papilla duodenalis major. Jika ada, dan hanya jika ada, ductus pancreaticus accesorius akan bermuara di papilla duodenalis minus.  

3.       Pars inferior
Bagian ke 3, panjangnya 8 cm, terletak horizontal pada planum subcostale.

4.       Pars ascendens
Bagian ke 4, panjang 5 cm, menuju kiri ke flexura duodeno jejunalis.

5.       Papilla duodenalis major
Terletak pada daerah pars descendens, tepatnya ampulla.

6.       Papilla duodenalis minor
Tempat muara ductus pancreaticus accesorius. Sekitar 1,9 cm di atas papilla duodenalis major.

Identifikasi bagian-bagian jejunum dan ileum :
1.       Radix mesenteri
Tempat keluarnya arteri dan vena mesenterica.

2.       Plica circularis kerckringi
Hal ini merupakan ciri khusus pada jejunum. Dimulai ada sejak duodenum dan menghilang pada akhir ileum. Fungsinya memperluas fungsi absorbs dan memperlambat gerakan usus.

3.       Perbedaan jejunum dan ileum

Singkatnya si ada 6 perbedaan antara jejunum sama ileum, panjangnya bisa dilihat di tabel ya.

Identifikasi bagian-bagian Usus besar :

1.       Taenia coli
Merupakan pembatas otot longitudinal yang berada dalam region ileocaecalis. Berupa 3 pita datar.

2.       Haustra
Haustra terbentuk akibat tertariknya otot longitudinal akibat panjang taenia colli yang lebih pendek sehingga membentuk kantong-kantong kecil (haustra) tersebut.

Apa penyebab terjadinya taenia dan haustra?
Otot longitudinal pada sekum tidak sempurna sehingga membutuhkan pengumpulan dan terkumpul dalan taenia. Taenia lebih pendek dari usus, sehingga membentuk haustra.

Bagaimana cara membedakan intestinum tenue dan intestinum crassum?

Identifikasi bagian-bagian rectum :
1.       Plica transversales recti
2.       Columna recti/cullumna morgagni
3.       M. sphincter ani externa
4.       M. sphincter ani interna
Identifikasi bagian-bagian HEPAR :
Coba test ya, hepar itu apa bahasa Indonesianya? HATI kan? Bahasa Inggrisnya hati? Heart? Heart itu Jantung bukan? –dr. Irfan-
Ada berapa lobus hayo di Hepar? Kasih tau kamu g ya :3 oke sorry, ini annoying. Ada dua lobus di hepar.


Lobus yang tedapat di hepar adalah lobus dexter dan lobus sinister, lobus sinster lebih kecil.
1. Vessica felea
Terletak pada lobus dexter, sehingga lobus dibagi lagi menjadi lobus quadratus dan caudatus.

2. Porta hepatis
Terletak pada permukaan posteroinferior dan terletak di atanra lobus quadratus dan caudatus.
3. A. hepatica propria
4. V. portae
Bercabang menjadi r. terminalis dexter et sinister. Vv hepatica eke luar dari permukaan posterior hepar dan bermuara ke vena cava inferior.
5. V. cava inferior
Muara dari seluruh vena dari bagian tubuh bawah di jantung.
6. V. hepatica
Merupakan cabang dari a. coeliciaca dan bercabang dua menjadi r. terminalis dexter et sinister.
7. Lig. Teres hepatis, merupakan sisa dari v. umbilicalis.
8. Lig. Falciforme hepatis menghubungkan hepar dengan umbilicus.
9. Ductus cysticus
Duktus ini berasal dari bladder.
10. Ductus hepaticus communis
Hasil penggabungan ductus hepatis sinistra dan dekstra
11. Ductus cysticus dan ductus hepaticus communis bergabung menjadi ductus choledocus.

YESYESYESSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Pancreas, ini bagian terakhir dari MODUL MEN, kita harus mulai sebar undangan ke keluarga dan pesta besar. Selamat, kamu berhasil! So yummy yummy, sorry, ini ga iklan kok.

1.       Ductus choledochus
Ductus choledochus memasuki duodenum bagian kedua melalui sphincter Oddi. 

2.       Ductus pancreaticus major

3.       Ductus pancreaticus minor

Ductus pancreaticus adalah ductus yang menghubungkan pancreas dan ductu coledochus dan membantu menyalurkan sekresi pancreas (hormone eksokrin).

Sumpah. Akhirnya selesai, demi apapun kita harus pesta pora es puter habis ini, thanks God. Goodnight folks, sorry for typo-ing dan ngaco-ing all around. Hope this one is useful.

Dan lagu 100 years-Five for Fighting mengakhiri pagi ini. WHAT DEMI APA INI JAM 01.00? Well, biasakanlah cadok. Keep Fighting.

No comments:

Post a Comment