Wednesday 17 April 2013

Hari Malaria Sedunia 2013, Acts Simply, Safe More.

Nyamuk itu kecil, tapi daya pengaruhnya besar. Sampai sekarang, ilmuwan juga ga bisa buat nyamuk kan?  -- seseorang.

OKEEE. Halooo.

Sorry ya lama banget ga nulis. Berkat pulsa modem yang sekarat dan banyaknya tugas dan dan dan kegalauan yang menumpuk di kedalaman hati, saya jadi susah banget nulis. Sebenernya sih, udah banyak yang mau ditulis. Saking banyak, sampai ga tau mana yang mau ditulis duluan, bukan karena pulsa modem kok, bukan kode minta pulsa juga kok.

Jadi dari terakhir nulis tentang Earth Day, ada hari lain yang juga sama pentingnya dan sedang mendekat nih, Hari Malaria Sedunia tanggal 25 April 2013. Yap, Malaria masih ada dan masih dalam status kawin, eh, berbahaya. Sorry, sorry.

Quick test, Malaria itu apa sih? Jujur, selama ini sih, saya tahu malaria itu penyakit. Lumayan bahaya. Sodaraan sama Demam Berdarah. Sekian.

Dari ISMKI, saya mendapat beberapa informasi tambahan yang bagus buat kita semua tahu. Mau tau? Bener mau tau? Masa? Berani bayar berapa? Oke sorry, minta dilempar sendal. 

Malaria adalah salah satu penyakit menular yang berbahaya dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, termasuk di Indonesia. Penyakit ini mempengaruhi tingginya angka kematian bayi, balita, ibu hamil, dan tingkat kegalauan, ini serius, bayangin aja kalo banyak kematian, pasti banyak yang galau. Setiap tahun lebih dari 500 juta penduduk duni terinfeksi Malaria dan lebih dari 1.000.000 orang meninggal akibat Malaria. Buat info tambahan aja, kasus terbanyak Malaria itu ada di Afrika dan beberapa negara Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan beberapa bagian negara Eropa. Di situ ada ASIA, ASIA MEEN, ASIAA, berarti ada kita, INDONESIA. 

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA, biar dramatis aja, folks.

Walaupun mengerikan dan agak sedih, apalagi kita termasuk kasus terbanyak, WHO sudah mengambil langkah keren dan fantastis, folks, dalam pertemuan WHA 60, sumpah jangan nanya tentang ini, bukan saya yang buat, sumpah, tanggal 18 Mei 2007, dihasilkan komitmen global tentang eliminasi Malaria bagi setiap negara, bahkan WHO juga membuat petunjuk pelaksanaan eliminasi malaria itu dalam Global Malaria Programme

Dari Indonesia sendiri, kata Kementerian Kesehatan RI :
Upaya pemerintah dalam program pengendalian malaria yaitu Diagnosa Malaria harus terkonfirmasi mikroskop atau Rapid Diagnostic Test; Pengobatan menggunakan Artemisinin Combination Therapy; Pencegahan penularan malaria melalui: distribusi kelambu (Long Lasting Insecticidal Net), Penyemprotan rumah, repellent, dan lain-lain; Kerjasama Lintas Sektor dalam Forum Gebrak Malaria; dan Memperkuat Desa Siaga dengan pembentukan Pos Malaria Desa (Posmaldes).
Nah, dunia udah, Indonesia sendiri udah ada tindakan. Gimana dengan kita sendiri? 

Kita bisa banget loh, membantu Indonesia mensukseskan Indonesia Bebas Malaria 2030. Ga perlu kok, kita demo, atau buat penemuan fantastis dalam waktu 5 menit tentang pembunuhan massal nyamuk penyebab Malaria, apa tuh, Anopheles, sp, boleh sih, sumpah boleh, tinggal cari siapa yang mau aja. 

Ada cara yang lebih mudah dan sangat berpengaruh untuk mencegah. Caranya.... JENGJENGJENG, menjaga kebersihan! Iyaps, menjaga kebersihan tempat tinggal kita akan sangat membantu. Mirip-mirip sama DBD, nyamuk penyebab Malaria ini juga suka sama genangan air, tempat-tempat lembab, dan kawan-kawannya, menghilangkan ini, berarti juga menghilangkan tempat tinggal mereka. Jadi jelas akan mengurangi Malaria. 

Selain itu, buat penyelamatan diri kita dari Malaria, bisa dengan pakai lotion anti nyamuk yang banyak dimana-mana itu, tapi di hatiku cuma ada kamu kok. Bisa juga dengan tidur dalam kelambu anti nyamuk yang kayak tirai-tirai itu, folks

Dari ini semua, yang penting adalah KOMITMEN dan AKSI kalau kita akan mensukseskan Indonesia Bebas Malaria secepatnya, lebih cepat lebih baik kan? Sepik kaya saya sih, gampang.

Sama seperti sebelumnya, saya cuma mau mengingatkan, yang bisa membuat perubahan di Indonesia, baik memburuk atau membaik, cuma kita.

Bisa kan ya kita melakukan ini? Bisa lah, saya yakin, kita semua peduli kesehatan dan mau hidup sehat kan? 

Thanks, good night, folks


No comments:

Post a Comment